Sabtu, 08 Oktober 2011

CUKUP KEDUA SAJA


“Rat, gimana nilai geografimu?”
“alhamdulillah... 90, kamu berapa?”
“aku dapet 100, nilaiku memang lebih tinggi dari nilaimu..tapi entah kenapa aku mrasa sbenarnya nilai kamu lebih tinggi dari aku...” ungkap Esti,
“ah...kamu ni ada-ada saja.... hhe, biasa sajalah.. kamu memang lebih hebat dari aku kok.. aku akuin itu.. maaf.maaf. aku lupa ngucapin slamat.. kamu pringkat 1 ulangan MID semester kemaren ya... wah, dapet silverquen dari Bu Lina ni... jangan lupa bagi-bagi ya...” jawabku asal ketika ditanya Esti, teman sekelasku slama sekolah di MAN Yogyakarta III, mungkin Allah memang telah menakdirkan aku dan Esti satu kelas selama 3 tahun ini.
“rat, aku mau tanya.. kenapa kamu slalu mengalah sama aku? aku mrasa persaingan kita gak seimbang...karna kamu jelas-jelas slalu mengalah...kamu sengaja menyalahkan jawabanmu ketika ulangan...kamu sengaja pura-pura tak tau ketika ditanya guru..dan kau slalu melemparkan ke aku.. sebenernya ada apa sih? Jawablah, ratri.... kenapa?” tanya esti tanpa memberiku kesempatan terlebih dahulu tuk menjawab satu persatu,
“hemm...iya,...........” belum selesai aku bicara, guru Pkn masuk kelas kami, waktu itu memang jadwal beliau mengajar kelas kami,
Jelas sekali kulihat kekecewaan dalam raut muka esti ketika bu Sri, guru Pkn kami datang..bukan karna dia belum mengerjakan tugas, karna dia memang anak paling rajin dikelas kami, dia kecewa tapi lebih karna belum sempat aku jawab tanyanya, bu sri sudah masuk kelas. Berbeda dengan aku, aku sangat senang bu sri datang tepat pada waktunya..beliau bagaikan pahlawan yang menolong sang tawanan dari sarang penjahat.

                        “nanti jangan lupa jawab pertanyaanku ya, tolonglah..” bisik esti tepat disampingku. Aku hanya mengangguk dan tersenyum. Sebenarnya itu bukanlah pertanyaan yang pertamakalinya esti tanyakan ke aku... dia hampir tiap hari slalu menanyakan itu, hingga sekarang ketika kita hampir lulus SMA.
                        “ting!!..ting!!!...teng!!!...teng!!!..ting!!!..teng!!!!???!.........”
            Bunyi bel tanda pembelajaran hari ini telah selesai berbunyi dengan nyaringnya... konon katanya, itu adalah suara yang paling ditunggu oleh siswa yang memang malas sekolah...entahlah, itu benar atau tidak..seringkali akupun meragukan kebenaranya..
                        “hey!!? ratri......”
            “ada apa est? kamu memanggilku?” ucapku sambil menghentikan langkah kakiku,
            “kenapa sih, kamu selalu menghindar ketika aku bertanya tentang ketidakseimbangan persaingan kita...kamu slalu mengalah untuk ku.. kenapa? Jujur, awalnya aku tak menyadari itu..tapi sejak aku diskusi denganmu dan kamu lebih tau banyak dari aku...kamu tau apa yang aku tidak tau ratri...aku sangat yakin itu, kenapa kamu menyembunyikan itu?kenapa kamu tak menjawab dengan jujur ketika ditanya bu sri tentang amandemen?padahal aku tau kamu bisa menjawabnya..karna sebelumnya, kita memang telah diskusi...kenapa?”
aku tak tau harus menjawab apa...hanya senyum dan kata maaf yang dapat kuucapkan.. ku tinggalkan esti yang hanya dapat berdiri membisu melihatku pergi tanpa menjawab pertanyaanya... air matanya meleleh, barangkali aku memang tak seharusnya begini... maafkan aku esti... aku tlah menyakiti temanku sendiri... esti, dia kini tlah menyadarinya... perkataan esti, membuat anganku terbang ke masa yang tlah terlewat...  


Delapan tahun silam...adalah masa dimana aku masih sekolah di tingkat SD kelas 5, saat itu aku mendapat peringkat 1 dikelas, sedang adik sepupuku, mail namanya mendapat peringkat 2, awalnya aku sangat senang...karna dengan peringkat satu, aku ayah akan membelikan apapun yang aku minta...tetapi, setelah sadar melihat raut muka adik, kebahagiaanku menghilang begitu saja...
“kak, slamat ya...dapat peringkat 1, kakak sekarang telah lebih segalanya dari aku, kakak memang bisa semuanya...aku ingin seperti kakak, dulu aku pikir, kakak memang bisa mengalahkanku dalam segala hal, tapi tidak untuk dalam hal sekolah... tapi sekarang, kakak telah membuktikan  kakak memang hebat! Slamat ya kak,”  ucap adik sambil tersenyum dan memelukku.
Entah kenapa...mataku basah... dadaku sesak... aku tak dapat berkata apa-apa, dalam benakku hanya satu... aku telah membuat adik sedih... aku membuat adik kecewa... aku egois sekali..hanya memikirkan kesenangan sendiri saja tanpa memikirkan adik... aku mrasa menjadi kakak yang sangat jahat...
“kakak nangis? Pasti kakak terharu ya...saking senengnya jadi nangis...” ucap adik tetap dengan senyuman khasnya...walau aku tau, sebenarnya adik tengah kecewa...
                        “iya...kakak terharu...makasih ya dek...” berusaha ku tersenyum, walau air mata tetap tak terbendung ladi........
            Sejak saat itu aku berjanji untuk tidak meraih peringkat 1, peringkat 1 hanya milik adik, bukan untukku.. dulu adik memang slalu mendapat peringkat 1 dan aku peringkat 2, saat penerimaan laporan hasil belajar adik slalu bilang “kakak memang lebih segalanya..tapi tidak untuk dalam hal sekolah... hehehe” dan aku hanya bisa menjawab kata-kata adik... “iya, adiku memang yang terhebat!!!...”



            Semangat adik untuk berkompetisi perlahan mengendor...kelas 6 adik mendapat peringkat 3 setelah aku...yang mendapat peringkat 1 adalah temanku aisyah, ketika ku tanya kenapa adik seperti tidak semangat mendapat peringkat 1 lagi, adik mengatakan bahwa sebenarnya aku memang lebih segalanya dari adik sejak dulu dan sampai kapanpun.... dulu memang adik selalu peringkat 1, tapi itu karna kakak mengalah untuk adik.. kakak sengaja agar mendapat peringkat 2 sedang adik mendapat peringkat 1... adik bisa dapat peringkat 1 karna kakak.... trimakasih kak, kakak sudah memberiku kesempatan merasakan senangnya dapat peringkat 1....
“rat, kamu kenapa? Jalan kok sambil nglamun.... hayo, mikirin sapa?...” teriak temanku kumala,
“hah....iya, gak papa kok... hemm..........” jawabku tergagap karna kaget,
“kamu kenapa sih, kok tak liatin dari tadi sepertinya serius sekali... ada apakah gerangan? Tanya kumala sambil menyelidik penasaran,
“emm... gak papa kok, aku hanya sedang berfikir...kapan yah, kita bisa pergi bareng ke pantai parangtritis naik sepeda? Ucapku asal,
“yaelah....pecinta alam sejati.... kemana-mana naek sepeda... duluan ya... aku mau ngerjakan tugas, assalamualaikum!...”
“waalaikumussalam....”
Teringat lagi akan adik... entah kenapa tiba-tiba rasa rindu menyeruak kedalam jiwaku... aku rindu adik, besok aku janji akan menelpon adik.. sudah lama aku tidak menelpon adik.. lulus SD, aku memang sengaja sekolah ditempat yang berbeda dengan adik...aku tak mau kejadian itu terulang lagi... akan tetapi, barangkali karna prasaan trauma dan telah menjadi kebiasaan mengalah...sampai sekarang aku membenci peringkat 1... aku menjadi merasa sangat bersalah jika aku mendapat nilai tertinggi atau apapun...yang berhubungan dengan yang nomor satu... tapi kini aku sadar, dengan sikapku yang seperti ini yaitu selalu mengalah dan pura-pura tak tau akan membuat orang lain kecewa dan tersakiti...seperti teman sekelasku esti... kini dia telah menyadarinya.... maafkan aku esti dan maafkan aku Ya Allah....... aku berjanji akan belajar untuk menghilangkan traumaku... aku memang harus belajar untuk bisa menempatkan diri... tetapi, untuk saat ini, ijinkan aku untuk menjadi yang kedua saja...cukup kedua saja....

                                                                     




Tidak ada komentar:

Posting Komentar